Pages

Info Seputar Gunung Ciremai

Gunung Tertinggi di Jawa Barat yaitu Gunung Ciremai , memiliki ketinggian 3.078 mdpl (meter dari permukaan laut) . secara administratif termasuk dalam tiga wilayah kabupaten yakni kabupaten Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Gunung Ciremai memiliki tiga kawah utama yakni kawah barat dan kawah timur, serta kawah letusan kecil atau biasa di sebut kawah walet.
Jalur Pendakian via Linggarjati

Untuk menuju ke puncak Ciremai dapat melalui tiga jalur namun yang paling populer yaitu jalur dari Linggarjati dan jalur Palutungan. Jalur Linggarjati adalah jalur yang paling terjal dengan kemiringan 70 derajat, tetapi jalur ini jarak tempuhnya tidak begitu panjang dibandingkan dengan jalur palutungan.

Dari pos perijinan berjalan terus mengikuti jalan aspal kurang lebih 1/2 jam akan sampai di Cibunar. Alangkah mengambil Air terlebih dahulu karena setelah pos Cibunar tidak ada Sumber Mata Air lagi.

Dari Cibunar anda akan melewati perladangan dan hutan pinus, dan melewati Leuweung Datar, Condang Amis, dan Blok Kuburan Kuda. dari Cibunar menuju Blok Kuburan Kuda memakan waktu kira-kira 3 jam.

Anda akan menjumpai Pangalap dan Tanjakan Binbin setelah berjalan setapak dengan curam yang cukup berbahaya. selanjutnya anda akan menjumpai Tanjakan Seruni yang berketinggian 2.080 meter dari permukaan laut dan Bapa Tere (2.200 mdpl) . dengan berjalan santai kira-kira 3-4 jam anda akan sampai di Batu Lingga.


anda bisa beristirahat sebentar untuk mengisi stamina tetapi anda harus perhatikan pola istirahat ,ada 2 tips istirahat :
Dalam pendakian gunung istirahat yang baik sangat penting karena dapat melancarkan silkulasi udara pada tubuh kita . karena mendaki gunung itu memakan waktu yang cukup lama maka disaat mendaki kita juga harus memperhatikan hal yang baik ketika beristirahat. hal-hal yang harus diperhatikan ketika istirahat yaitu:

1. JANGAN TERLALU LAMA ISTIRAHAT 
Karena otot kita yang sudah kencang akan menjadi mengendur apabila kelamaan beristirahat , oleh karena itu sebaiknya kita beristirahat paling tidak 5 menit saja . jika beristirahat terlalu lama maka tubuh kita akan menjadi berat seolah-olah tidak bisa berdiri dan malas untuk berjalan. Bila hal ini terjadi tak jauh dari puncak  mungkin kita bisa memaksakan untuk mencapainya. Tetapi, apabila terjadi di tengah perjalanan dan puncak tempat tujuan kita masih terasa jauh lebih disarankan mengambil istirahat panjang, kalau perlu dirikan tenda untuk beristirahat.

2.LOKASI ISTIRAHAT
Lokasi istirahat sangat membantu untuk badan kita yang sedang lelah. Pilihlah lokasi istirahat yang memiliki pemandangan indah, karena paling tidak secara psikologis menikmati pemandangan dapat mengurangi perasaan lelah yang timbul selama dalam perjalanan. Makan dan minum secukupnya, kalau perlu dimasak dahulu agar hangat dan segar. Baik juga kalau kita memakan sedikit garam untuk menghindari kram.

Setelah Istirahat anda bisa melanjutkan perjalanan dangan menempuh waktu Kira-kira 1,5 jam akan menjumpai Pengasinan. di sini anda dapat menjumpai bunga Edelweiss yang sangat indah, pos pengasinan ini adalah pos terakhir untuk menuju kepuncak.

Dari Pengasinan menuju Puncak (Telaga Sunan) akan memakan waktu kira-kira 1 jam dengan jalan berbatu-batuan. Dari Puncak anda akan menyaksikan pemandangan kawah-kawah Gunung Ciremai yang menawan, apalagi kalau anda berada di puncak pada terbitnya matahari anda akan melihat Gunung-gunung yang berada di jawa seperti Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dari Puncak ke arah kanan anda bisa anda bisa menuju ke kawah belerang dengan memakan waktu 1/2 jam . jika anda mengitari puncak dan kawah-kawah ciremai akan memakan waktu 2 jam.

Sekian penjelasan dari saya mengenai rute pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mendaki ke Gunung Ciremai. 

Selamat berpetualang.
Salam Satu Jiwa.
By : MDS Adventure

0 komentar:

Posting Komentar

About

Kita adalah organisasi yang menyakup tentang kegiatan yang di lakukan di Alam. Kegiatan yang sering kami lakukan bersama Anggota yaitu : - Mendaki Gunung - Camping - Kegiatan Outdor - Mengikuti undangan dari Organisasi lain - Go Green - dll,. . Semoga MDS Adventure bisa mempunyai generasi penerus dan bisa Menapaki Dunia Nusantara yang Sebenarnya. Jayalah Merah Putih,Jayalah MDS Adventure.